WAHANA INTERNSHIP? KIAT MEMILIH WAHANA

       Pagi teman-teman semua, kali ini aku mau share pengalaman memilih tempat/wahana internsip. Internsip ini sendiri dilakukan apabila seorang dokter umum, selesai menempuh pendidikan profesinya dan lulus uji kompetensi (UKMPPD). Hal ini mengacu dengan diberlakukannya program Internsip Dokter Indonesia pada tahun 2010 berdasarkan Permenkes No. 299/MENKES/PER/II/2010 dan Perkonsil KKI No.1/KKI/PER/I/2010.
    Secara umum definisi dari internsip adalah proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komperhensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan. Program internship merupakan tahap pelatihan keprofesian pra-registrasi berbasis kompetensi pelayanan primer guna memahirkan kompetensi yang telah dicapai setelah memperoleh kualifikasi sebagai dokter melalui pendidikan kedokteran dasar. Nah, cukup introduksinya kembali ke cerita saya yah hehehe😄
        Saya lulus UKMPPD batch Februari lalu wisuda di bulan April. Setelah menyelesaikan proses Serkom, STR, dan bikin akun, sampailah di bulan Juni, dan saya memutuskan untuk ikut program internsip bulan Oktober yang pemilihannya diadakan bulan Agustus.
        Untuk memilih tempat internsip hal-hal yang perlu diperhatikan : 1. Kecepatan Internet 2. Komputer/ Laptop dengan spesifikasi terbaru 3. Tempat/ Jaringan sepi. 
Dari ketiga hal tersebut paling tidak 2 hal pertama paling penting, karena poin ketiga seringkali kita mengambil tempat bersama teman, sehingga tidak benar-benar sepi.
Saya lulusan FK di Sumatera dan domisili saya berada di kota yang sama, sehingga pada pemilihan ini saya ingin di provinsi yang sama, selain akomodasi yang mudah pengalaman dari kakak kelas di wahana yang sama juga menjadi pertimbangan saya. Namun, pada 9 Agustus 2019 daftar wahana keluar sekitar jam 22.00 WIB dan pilihan pada lokal saya yang tadinya hanya 7 bertambah, ada satu wahana baru yang jaraknya hanya 1,5 jam dari domisili saya.

UPDATE BLOG, setelah internsip.

Akhirnya pemilihan wahana  terlaksana. Pemilihan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu lokal, regional dan nasional. 
Saya memilih untuk keluar SUMSEL karena peluang di Wahana yg saya inginkan tidak didapat.
wahana pilihan saya jatuh ke RS Arsani, sebuah RS Swasta berada di kabupaten Bangka, sekitar 30 menit dari kota Pangkal pinang. Namun, pilihan ini menjadi opsi terakhir, saya tidak kunjung mendapat wahana hingga pemilihan regional, sehingga saat pemilihan nasional 3 hari kemudian, saya memutuskan untuk ke RS ini. Pertimbangan RS lain yg masih di Sumsel berjarak 8 jam dan wahana baru juga. 
Potret halaman  Pakta Integritas

Sekian dulu sharing cerita saya kali ini, mudah-mudahan bisa membantu sejawat sekalian yang sedang bingung memilih wahana. 


Tag: wahana, internsip, internship, dokship, dokterumum

Comments

Popular posts from this blog

gue harap

Lagi Cinta Angkatan :)